Sidang Senat Terbuka dengan agenda Pengukuhan Guru Besar Tidak Tetap Undip a.n. Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. dari Fakultas Hukum dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2021 secara luring dan daring.

Pengukuhan Guru Besar Tidak Tetap Universitas Diponegoro dipimpin oleh Prof. Ir. Edy Rianto, M.Sc., Ph.D., I.P.U.  (Ketua Senat Akademik Universitas Diponegoro). Acara dihadiri oleh Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum (Rektor Undip), Ketua dan Sekretaris Dewan Profesor, Guru Besar dan Anggota Senat Akademik dari Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Yang menarik dari Pengukuhan Guru Besar Tidak Tetap Universitas Diponegoro yaitu beliau yang dikukuhkan juga merupakan sebagai Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia, dari pemikiran progresif dan komprehensif Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. dalam hukum pidana diharapkan dapat memberikan kontribusi yang besar untuk Undip yaitu dapat menularkan ilmunya kepada mahasiswa dan sivitas akademika juga hukum peradilan di Indonesia.