Sidang Senat Terbuka dengan agenda Pengukuhan 21 Guru Besar Undip yang dilaksanakan pada tanggal 25, 27, 31 Mei dan 2,4,8,10 Juni 2021 secara luring dan daring.

Pengukuhan 21 Guru Universitas Diponegoro dipimpin oleh Prof. Ir. Edy Rianto, M.Sc., Ph.D., I.P.U.  (Ketua Senat Akademik Universitas Diponegoro). Acara dihadiri oleh Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum (Rektor Undip), Ketua dan Sekretaris Dewan Profesor, Guru Besar dan Anggota Senat Akademik dan Anggota Dewan Profesor Universitas Diponegoro.

Dari Pengukuhan 21 Guru Besar Universitas Diponegoro maka diharapkan dapat merangsang munculnya para Guru Besar baru sebanyak-banyaknya, hal ini sesuai dengan Program Rektor/ Undip dalam upaya mencetak Guru Besar yang baru khususnya melalui program percepatan Guru Besar. Jabatan Guru Besar adalah sebuah pengakuan negara atas kepakaran seseorang di bidang ilmunya, dan sekaligus tugas dan amanah bagi Guru Besar yang bersangkutan untuk menyebarluaskan ilmu yang dimilikinya kepada para mahasiswa dan masyarakat luas.